Translate

Jumat, November 02, 2012

Penyusunan Laporan Keuangan dan Dasar Penilaian Investasi Bagi Dana Pensiun


Pada hari Rabu tanggal 17 Oktober 2012, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan menerbitkan 1 (satu) peraturan yang terkait dengan Dana Pensiun, yaitu Peraturan Ketua Bapepam dan Lembaga Keuangan nomor PER-05/BL/2012 tentang Penyusunan Laporan Keuangan dan Dasar Penilaian Investasi Bagi Dana Pensiun. Peraturan tersebut mencabut Keputusan Direktur Jenderal Lembaga Keuangan Nomor KEP-2345/LK/2003 tentang Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Dana Pensiun dan Peraturan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Nomor PER- 01/BL/2009 tentang Dasar Penilaian Jenis-jenis Investasi Dana Pensiun. Penerbitan peraturan tersebut dilakukan dalam rangka penyelarasan ketentuan pelaporan keuangan dan investasi Dana Pensiun dengan perubahan standar akuntansi keuangan. Adapun pokok-pokok materi pengaturan dalam peraturan ini adalah:

1.    Jenis-jenis Laporan Keuangan Dana Pensiun terdiri atas:
a. Laporan Aset Neto;
b. Laporan Perubahan Aset Neto;
c. Catatan atas laporan keuangan;
d. Neraca (laporan posisi keuangan);
e. Perhitungan hasil usaha; dan
f. Laporan arus kas.

2.    Dasar penilaian jenis investasi Dana Pensiun untuk pelaporan keuangan dan investasi Dana Pensiun menggunakan nilai wajar yang disesuaikan dengan jenis instrument investasinya.

3.    Khusus untuk penyusunan Neraca (laporan posisi keuangan), dasar penilaian jenis investasi menggunakan nilai historis.


4.    Peraturan ini mulai berlaku untuk:

a.   Laporan keuangan tahunan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2012 dan
selanjutnya; dan
b.   Laporan keuangan semesteran yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2013 dan
selanjutnya.

Peraturan Ketua Bapepam dan LK tersebut mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Peraturan tersebut di atas dapat diakses melalui situs web Bapepam dan LK dengan
alamat: http://www.bapepam.go.id/dana_pensiun/regulasi_dp/peraturan_dp/PER-05-2012.pdf

1 komentar:

  1. Dengan ini kami ingin menawarkan beberapa project investasi khususnya di properti diantaranya : Apartemen pondok indah residence, Apartemen Antasari, Apartemen Menara Cibinong, Condotel Sahid Eminence Ciloto-Puncak, Condotel Sahid village bandung, dan investasi villa di bali. informasi lebih detail lagi silahkan kunjungi di www.rumahpropertiresidence.com

    BalasHapus